Dalam upaya mengembangkan keterampilan literasi dasar pada siswa kelas 1, guru di Sekolah Dasar kami menyelenggarakan kegiatan merangkai kata menggunakan kartu huruf. Aktivitas ini dirancang untuk membuat proses belajar membaca dan menulis menjadi lebih interaktif dan menyenangkan. Setiap siswa diberikan sekumpulan kartu yang masing-masing berisi satu huruf abjad, yang disusun dengan warna dan gambar yang menarik untuk memudahkan pengenalan dan meningkatkan minat belajar mereka.
Kegiatan dimulai dengan guru memperkenalkan beberapa kata sederhana seperti 'kucing', 'buku', atau 'rumah', dengan menunjukkan kartu huruf yang membentuk kata tersebut. Siswa kemudian diajak untuk mencari dan menyusun huruf-huruf dari kartu mereka sesuai dengan contoh yang diberikan oleh guru. Setelah itu, mereka diberikan tantangan untuk merangkai kata-kata lain yang sejenis atau lebih kompleks secara mandiri atau berkelompok.
Selama proses merangkai kata, guru aktif berkeliling untuk memberikan bimbingan dan dorongan, memastikan bahwa setiap siswa memahami dan dapat mengikuti instruksi dengan baik. Kegiatan ini tidak hanya memperkuat pemahaman siswa tentang bunyi huruf dan bagaimana huruf-huruf tersebut digabungkan untuk membentuk kata, tetapi juga mendorong keterampilan kognitif seperti pengenalan pola dan urutan. Dengan suasana kelas yang penuh semangat dan keterlibatan aktif, siswa menikmati pembelajaran sambil bermain, merasakan pencapaian saat mereka berhasil merangkai kata-kata dengan benar.
Pada akhir sesi, siswa diminta untuk berbagi hasil karya mereka dengan teman-teman dan menjelaskan kata apa yang telah mereka rangkai. Ini juga merupakan kesempatan bagi mereka untuk berlatih berbicara di depan umum dan memperkaya kosa kata mereka. Kegiatan ini tidak hanya memperkuat dasar-dasar literasi, tetapi juga membangun rasa percaya diri dan kegembiraan dalam belajar membaca dan menulis.
Tidak ada komentar